Home » , , , , » Jembatan Gantung Taman Hutan Lindung Kota Langsa Ambruk

Jembatan Gantung Taman Hutan Lindung Kota Langsa Ambruk

Jembatan Hutan Lindung, Kota Langsa, Ambruk,Saat Suasana Sukacita menjadi Bencana - Ratusan warga yang mengunjungi Hutan Bale Jurong Kota Langsa kecebur ke dalam sungai di hutan kota. Peristiwa itu terjadi akibat lepasnya tali seling jembatan gantung di tengah sungai buatan itu.

Informasi yang dihimpun di lokasi hutan wisata itu, banyak warga mengunjungi hutan Bale Jurong Kota Langsa untuk berekreasi. Menjelang sore hari pengunjung semakin banyak, mereka membawa anak-anak. Mereka berfoto selfie di atas jembatan karena suasananya indah untuk berfoto-foto.

Jembatan Ambruk, Hutan Lindung, LangsaBahkan, pengunjung tidak mempedulikan imbauan yang ditempel di tiang jembatan gantung di mana kapasitas di atas jembatan sebanyak 40 orang.

Kejadian terjadi sekira pukul 17.30 Wib, di mana tali seling jembatan gantung lepas, sedangkan pada saat kejadian itu ada sekitar ratusan orang berada di atas jembatan.
Saat tali sebelah kanan jembatan lepas, pengunjung di atas jembatan langsung kecebur dalam sungai buatan itu. "Krek, krek bumm, bunyi suara jembatan itu.

Warga yang kecebur langsung minta tolong dan pertolongan diberikan oleh pengunjung lainnya. Kedalaman sungai buatan itu mencapai 3,5 meter.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, hanya terkilir, dan patah. Hingga malam hari warga masih mengunjungi hutan kota melihat jembatan yang putus itu.

Jembatan Hutan Lindung, Langsa, Ambruk
Polisi Panggil Kontraktor Jembatan Gantung yang Ambruk

Polres Langsa akan memanggil pihak rekanan, konsultan perencana serta konsultan pengawas yang mengerjakan proyek jembatan gantung di hutan Bale Jurong Kota Langsa terkait rubuhnya jembatan itu.

Kapolres Kota Langsa, AKBP Sunarya SIK saat meninjau kondisi jembatan gantung yang ambruk di hutan kota, kepada Serambinews.com mengatakan, pihaknya mengecek kondisi jembatan yang rubuh dan kita police line agar warga tidak mendekati jembatan tersebut untuk kebutuhan penyelidikan.

Selain itu, pihaknya juga akan memanggil kontraktor, konsultan perencanaan dan pengawasan, apakah mereka punya kualifikasi atau tidak dalam membangun jembatan itu.

"Masyarakat sebelumnya sudah mengingatkan agar pengikat tali seling jembatan gantung digunakan yang bergerigi namun tidak di indahkan," ujarnya.

Ratusan warga yang mengujungi hutan Bale Jurong Kota Langsa tercebur dalam sungai buatan di tengah hutan kota akibat lepasnya tali seling jembatan gantung di tengah sungai buatan itu. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, sebagian warga terkilir dan patah kakinya.

Serambi Indonesia, 26 Desember 2015

Lencana Facebook